Redirect Login Hotspot ke Portal




Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hay friend kali ini saya akan sharing bagaimana caranya agar setelah login hotspot akan rediret ke portal, langsung saja.

A. Pengertian

Redirect Login Hotspot Mikrotik adalah pada saat login hotspot mikrotik halaman yang dituju adalah halaman yang saat itu di jelajahi di browser. Namun disini kita dapat merubah redirect halaman login hotspot menuju alamat website tertentu. Seperti contoh ketika user memasukkan username dan password mikrotik kemudian klik login setelah user login maka akan dibawah ke halaman website tertentu.

B. Latar Belakang
Dalam suatu sekolah biasanya tampilan setelah login hotspot hanya tampilan biasa tetapi saat ini ada suatu portal yang dapat membuat gerbang ke layanan-layanan yang ada di sekolah.

C. Alat kerja
- Laptop
- Mikrotik RB951G
- Terminal

D. Maksud dan tujuan
Membuat login hotspot redirect ke portal.

E. Tahap pelaksanaan kegiatan
1. Pertama kita buka mikrotik lewat browser dengan IP Mikrotik, kemudian download aloginnya di files.

2. Kemudian kita buka alogin nya dengan text editor dan ganti bagian url-nya dengan alamat portal di server kta dan simpan.
Contoh letak portal saya di http://192.168.121.2/CMS/portal


3. Selanjutnya upload file alogin ke mikrotik dengan cara drag dan drop file dari berkas yang telah kita edit tadi ke mikrotik.

4. Setelah itu kita cek dengan login ke hotspot kita.

5 Bisa dilihat login hotspot langsung redirect ke portal kita.

F. Referensi

G. Hasil dan Kesimpulan
Hasilnya setelah login hotspot pasti akan redirect ke portal yang telah kita buat tadi. Jika tidak redirect ke portal pasti ada kesalahan saat mengedit link di file alogin.

Sekian semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment