Membuat Portal di Localhost Linux Mint


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hay sobat kali ini saya akan sharing tentang bagaimana membuat portal di localhost.

A. Pengertian

Portal web adalah situs web yang menyediakan kemampuan tertentu yang dibuat sedemikian rupa mencoba menuruti selera para pengunjungnya. Kemampuan portal yang lebih spesifik adalah penyediaan kandungan informasi yang dapat diakses menggunakan beragam perangkat, misalnya komputer (notebook), PDA(Personal Digital Assistant), atau bahkan telepon genggam.

B. Latar Belakang
Saat ini sekolah biasanya mempunyai layanan-layanan di suatu web dan banyak linknya maka dari itu kita membutuhkan portal.

C. Alat kerja
- Laptop
- File CMS Portal
- Terminal linux

D. Maksud dan tujuan
Membuat portal untuk gerbang masuk ke layanan-layanan yang ada pada server atau web lainnya.

E. Tahap pelaksanaan kegiatan
Kali ini saya akan menginstall di localhost.

1. Pertama kita buka terminal dan masuk sebagai super user
#su

2. Kemudian masuk ke direktori /var/www/html/
#cd /var/www/html/

Untuk kali ini saya akan meletakan portal pada folder CMS
Kita buat dulu folder CMS
#mkdir CMS

Lalu masuk ke folder CMS
#cd CMS/

Buat folder portal
#mkdir portal

Masuk ke folder portal
#cd portal/


3. Karena saya sudah mempunyai file portal jadi saya tinggal copy file nya ke folder portal yang belum punya silahkan download di sini.
#cp /home/dragon/Downloads/PORTAL.zip /var/www/html/CMS/portal/

Kemudian kita cek
#ls

4. Kemudian kita extract filenya, karena formatnya .zip, maka kita masukan perintah ini.
#unzip PORTAL.zip

Kita cek lagi dengan perintah
#ls

5. Selanjutnya kita cek melalui Web Browser
#localhost/CMS/portal

6. Jika Anda ingin mengeditnya, tinggal masukan perintah
#nano index.html (pastikan masih difolder /var/www/html/CMS/portal/)

Silahkan edit sesuai ke inginan Anda.
7. Ini hasil portal yang sudah saya edit.


F. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Portal_web

G. Hasil dan Kesimpulan
Sekarang portal anda sudah jadi dan bisa digunakan untuk gerbang ke halaman-halaman web lain. Untuk tampilan bisa di edit sesuai keinginan anda.
Silahkan ikuti tutorial saya selanjutnya tentang Redirect Login Hotspot ke Portal

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment